Senin, 05 Oktober 2015

"Daluman"Si Cincau Hijau dari Bali

Sekilas Tentang Es Daluman "Si Cincau Hijau" dari Bali. Daluman adalah minuman tradisional khas Bali sejenis cincau hijau yang memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng. Kalau Masyarakat sunda menyebutnya Camcauh atau Tahulu. Minuman ini banyak disukai terutama pada musim bulan ramadhan puasa umat muslim di Indonesia. 


Tumbuhan yang bernama latin Cylea Barbata Myers ini merupakan tumbuhan merambat. dengan diameter batang yang kecil, panjang atau tinggi tanaman daluman bisa mencapai belasan meter, kulit batangnya kasap dan daunnya berbentuk perisai. Warna daunnya hijau pucat dengan permukaan yang agak berbulu. Ada juga daun daluman yang licin dan mengkilap, akan tetapi yang sering diolah menjadi minuman adalah daun daluman dengan permukaan berbulu, karena rasanya lebih enak, lebih awet (Tidak gampang mencair).



Proses pembuatan daluman sendiri pada umumnya tidak jauh berbeda dengan dengan pembuatan cincau. Daun daluman yang sudah dibersihkan, lalu diremas-remas hingga berbusa sampai kental, sebelum terlalu kental, daun yang telah diperas disaring sehingga daun tidak bercampur dengan adonan daluman. 

Bagi anda yang sedang berlibur di Bali dan penasaran ingin mencicipi segarnya dan khasiat penghilang panas dalam dari es daluman, lansung saja datang ke Warung Bu Kadek, Warung Tipat Cantok Kuliner Khas Bali yang menjual es daluman.







Keterangan dan Info Kuliner :

Nama Menu : Es Daluman 
Varian Menu : 
Es Daluman Gula Merah dan Es Daluman Gula Bali
Bahan - Bahan :
Es Batu, Daluman, Santan, Gula
Harga :
Rp. 6.000,-

Warung Bu Kadek
Jalan Bisma No.8
(Lewat Jalan Kartini)
Denpasar - Bali
0361 - 262373

Tidak ada komentar:

Posting Komentar